Berita

22 May 2024

Plt. Bupati Sidoarjo dan Tim Wasev TMMD Ke-120 Meninjau Desa Penambangan

KOMINFO, Sidoarjo - Plt. Bupati Sidoarjo, H.Subandi menyambut baik kedatangan Tim Wasev (Pengawas dan Evaluasi) Mabes TNI AD di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo Rabu (22/5). Tim Wasev  dipimpin oleh Kolonel Inf. Purnomosidi menyampaikan bahwa pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-120 ini merupakan bentuk percepatan pembangunan di daerah khususnya  lokus Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo. “Terselenggaranya, dan suksesnya TMMD ini tidak luput dari peran serta masyarakat, TNI AD, dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama-sama bergotong-royong untuk kemajuan suatu desa,” katanya. program TMMD ini merupakan program operasi bakti yang dilakukan oleh TNI AD secara terpadu lintas sektoral. Operasi bakti kita fokuskan pada desa yang berada diperbatasan atau yang terisolir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.“Kegiatan merupakan program lintas sektoral yang dilakukan untuk membantu mensejahterakan masyarakat. Program yang kami lakukan berupa Fisik dan non fisik. Semoga dengan kegiatan ini Kabupaten Sidoarjo menjadi maju,” ujarnya.Pada kesempatan tersebut, Plt. Bupati Sidoarjo, Subandi  mengucapkan terimakasih kepada TNI AD yang telah membantu Pemkab Sidoarjo melalui program TMMD dalam memajukan desa hingga menjadi desa yang mandiri. “Pembangunan desa melalui TMMD ini selain menciptakan kemandirian desa, juga ikut memajukan perekonomian di Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.  Usai dari Pendopo Delta Wibawa, rombongan Forkopimda menuju Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo unruk meninjau langsung kegiatan pelaksanaan TMMD ke-120. Rombongan disambut langsung oleh Kepala Desa Penambangan, Helmi Firmansyah.“Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan pemerintahan karena telah membantu pembangunan di desa kami. Semoga kegiatan ini dapat bermanfat untuk semuanya, tercukupi didalam kebutuhan kesejahteraan masyarakat di desa Penambangan ini,” ucap Helmy. Selain itu juga, ada penyerahan bantuan secara simbolis yang diserahkan kepada perwakilan Desa Penambangan. Bantuan yang diberikan berupa, 100 paket sembako, Buku bacaan dari Dinas Perpustakaan Sidoarjo, Saargal Satgas TMMD dan penyerahan simbolis bantuan RTLH oleh Baznas.Setelah acara di Balai desa Penambangan, acara dilanjutkan dengan peninjauan langsung oleh Plt. Bupati Sidoarjo H.Subandi bersama rombongan di titik sasaran pembangunan Fisik dan Non Fisik yang telah dilakukan selama kegiatan TMMD ke-120 ini. (Dew/Son/en/kominfo)

Selengkapnya
22 May 2024

Plt Bupati Sidoarjo Perintahkan Dinas PU Bina Marga Segera Perbaiki Plengsengan Jalan Beton di Kedungbocok

KOMINFO, Sidoarjo – Laporan tentang jalan beton yang menggantung karena plengsengan sungai  di Dam sungai kanal porong Desa Kedungbocok, Tarik runtuh sudah sampai di Plt. Bupati Sidoarjo, Subandi. Untuk memastikannya Ia melakukan sidak dengan didampingi dari Dinas PU Bina Marga dan SDA Kabupaten Sidoarjo, Rabu (22/5).Dari hasil peninjau runtuhnya plengsengan cukup panjang, runtuh miring masuk sungai. Runtuhnya plengsengan terjadi mulai bulan dua lalu, karena terkikis oleh derasnya air sungai, dimana curah hujan cukup tinggi pada saat itu. Subandi meminta dalam minggu ini,  Dinas PU Bina Marga segera memperbaiki. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan lebih lama lagi karena membahayakan pengguna jalan. “Ini juga ada bantuan dari balai besar untuk plengsengan, untuk itu harus segera diperbaiki, karena masih ada jaminan untuk keperawatan. Mudah – mudahan bulan ini harus kita selesaikan,” ungkapnya.Ia mengkhawatirkan kalau tidak segera diperbaiki, tambah lama akan semakin tergerus karena aliras sungainya cukup deras. Hal ini sangat membahayakan, jangan sampai ada warga yang mengalami kecelakaan gara – gara jalan rusak. “kemarin kita juga sudah maping disampaikan ke Dinas PU dan Sekda untuk lebih selektif lagi dalam memilih rekanan yang baik, dan transparan,” tegasnya. (mas/en/kominfo)

Selengkapnya
22 May 2024

4.794 KPM Kecamatan Krembung Terima Bantuan Pangan Beras

KOMINFO, Sidoarjo - Proses penyaluran Bantuan Pangan Beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) masih berlangsung di Kabupaten Sidoarjo, kali ini giliran 19 Desa di kecamatan Krembung menerima penyaluran bantuan pangan berupa beras sebesar 10 kg. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus melakukan pengawasan dalam penyaluran bantuan ini dengan terjun langsung ke desa. Hal ini dilakukan agar jangan sampai bantuan ini sampai salah sasaran.Kali ini desa menjadi jujugan istri Plt. Bupati Sidoarjo, dr. Sriatun Subandi untuk dipantau bantuan pangannya adalah  Desa Keper, Desa Kedungrawan dan Desa Ploso Kecamatan  Krembung, Rabu (22/5).“Mudah-mudahan bantuan bahan pangan yang diberikan oleh pemerintah bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga sangat mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya," jelasnya.Menurut Sriatun, KPM yang menerima di Desa Keper sebanyak 421 KPM, Desa Kedungrawan sejumlah 299 KPM serta Desa Ploso 273 KPM dari jumlah keseluruhan sebanyak 4.794 KPM di kecamatan Krembung yang memiliki 19 desa.Perangkat desa juga harus bergerak cepat untuk melakukan update data agar segera bisa digantikan sesuai yang ada DTKS. Perangkat desa harus mampu berlaku seadil adilnya jangan sampai ada kekeliruan dalam penyaluran sehingga tidak terjadi kesalahan sasaran atau bahkan sampai menyebabkan kecemburuan pada masyarakat.Jika ada KPM yang meninggal atau sudah mampu maka harus segera melaporkan agar segera diganti yang mana data penggantinya sudah ada datanya di DTKS yang ada di bagian kesra di masing-masing desa,” tambahnya. (Yu/en/kominfo)

Selengkapnya
20 May 2024

Plt. Bupati Sidoarjo Kawal Langsung Bantuan Pangan Beras di Kecamatan Candi

KOMINFO, Sidoarjo - Bantuan pangan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) pemerintah pusat kembali disalurkan di Kabupaten Sidoarjo. Terdapat 92.127 warga Sidoarjo yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).  Mereka akan menerima 10 kg beras Bulog selama enam bulan berturut-turut. Bantuan pangan beras bulan ini untuk alokasi bulan April.Pendistribusiannya dimulai ditiga kecamatan, yakni kecamatan Sedati, Waru dan Kecamatan Candi. Plt. Bupati Sidoarjo H. Subandi SH,M.Kn memonitoring langsung pendistribusiannya, pagi tadi, Senin, (20/5) di Kecamatan Candi.Secara simbolis Ia  menyerahkan  bantuan tersebut kepada warga Desa Kalipecabean, Desa Klurak dan warga Desa Kebonsari Kecamatan Candi. Ia sengaja turun langsung untuk memastikan bantuan pangan beras CPP dari Badan Pangan Nasional tersebut tepat sasaran.  Bantuan beras tersebut ini benar-benar dapat dinikmati warga Sidoarjo yang berhak menerimanya. “Kalau ada orang yang dipandang  mampu tapi masuk dalam data atau ada data tapi orangnya sudah meninggal masuk dalam data penerima harus di musdeskan (Musyawarah Desa)  untuk diganti dan datanya diambil dari TKSK dari kecamatan dan Dinas Sosial,” ucapnya. Harapannya data KPM penerima bantuan benar-benar valid. Jangan sampai warga tidak mampu terlewatkan memperoleh bantuan. Jika masih terdapat data KPM yang mampu atau sudah meninggal dunia segera diganti. Dengan begitu bantuan tersebut dapat segera dinikmati KPM pengganti yang benar-benar berhak menerimanya.“Saya sudah maaping dengan Bulog maupun Dinas Pangan dan Pertanian. Saya menginginkan bantuan beras tadi berasal dari beras petani yang ada di Kabupaten Sidoarjo,” pintanya. Untuk Kecamatan Candi, data KPM penerima bantuan pangan beras warga Desa Kalipecabean sebanyak 725 KPM, warga Desa Klurak sebanyak 449 KPM dan warga Desa Kebonsari sebanyak 512 KPM.Tujuan dari bantuan pangan beras ini untuk pengendalian inflasi  serta  peningkatan sektor pertanian, terutama  sektor pertanian di Kabupaten Sidoarjo. (Git/son/dew/en/kominfo)

Selengkapnya
20 May 2024

Plt. Bupati Sidoarjo di Fase Kebangkitan Kedua Tekankan Transformasi Digital

KOMINFO, Sidoarjo – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di era globalisasi tantangan yang dihadapi semakin besar. Arus informasi dan perubahan semakin cepat"Kita saat ini dihadapkan pada adagium, siapa yang menguasai teknologi, dia yang akan menguasai peradaban," ungkap Plt. Bupati Sidoarjo, Subandi, S.H., M.Kn, dalam sambutannya pada kegiatan upacara peringatan Hardiknas dan Harkitnas Kabupaten Sidoarjo, Senin (20/5) di Alun - alun Sidoarjo.Menurut Subandi, penguasaan teknologi harus,  karena untuk menyongsong Indonesia Emas. Dimana bangsa kita mendapat bonus demografi yang harus dioptimalkan menuju ke masa Indonesia emas."Bonus demografi ini menjadi modal dasar pada fase kebangkitan kedua. Dimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade berada diusia produktif, siap mengembangkan inovasi dengan penopangnya teknologi digital," jelasnya.Ia mengajak seluruh elemen masyatakat di kebangkitan kedua untuk optimis, percaya diri dan yakin, dengan seluruh potensi diri dan Sumber Daya Alam menyongsong Indonesia Emas.Pada kesempatan tersebut, Ia juga menyerahkan sekolah Adiwiyata Nasional, sekolah Adiwiyata Mandiri serta memberikan apresiasi Kepala sekolah, pengawas sekolah, tenaga pendidik kategori inovatif tahun 2023. Selain itu juga menyerahkan CSR 1 unit mobil ambulan dari BRI untuk Kikav 3/ Tupai Setia Cakti.(mas/en/kominfo)

Selengkapnya
20 May 2024

KPM di Kecamatan Waru dan Sedati Menerima Bantuan Pangan Beras

KOMINFO, Sidoarjo - Bantuan pangan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari pemerintah pusat, untuk Kabupaten Sidoarjo diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Ada sekitar 92.127  KPM yang masuk dalam daftar penerima bantuan pangan beras.Besaran bantuan pangan beras sebanyak 10 kilogram (kg) beras per KPM per bulan. Penerima bantuan ini menwrima bantuan srlama enam bulan berturut - turut. dr. Hj. Sriatun Subandi, mantan Kepala Desa Pabean, Sedati, yang juga istri dari Plt. Bupati Sidoarjo, turut menghadiri penyerahan bantuan pangan beras, Senin (20/5) di Kecamatan Waru."Kepada warga penerima bantuan, benar - benar dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari - hari. Jangan sampai bantuan beras ini diperjualbelikan," pintanya.Dia juga mengingatkan kepada kepala desa dan perangkatnya, bahwa bantuan ini sudah tepat sasaran. Pastikan penerima bantuan orang benar - benar membutuhkan."Semoga dengan adanya bantuan ini bisa sebagai pengendali inflasi dan menstabilkan harga beras yang sangat tinggi yang jelas membebani masyarakat yang kurang mampu. Selain itu membantu pemerintah untuk ketahanan pangan di Kabupaten Sidoarjo," lanjutnya.Diketahui  sebanyak 2.551 KPM yang ada di Kecamatan Waru dan Kecamatan Sedati dengan rincian jumlah penerima sebagai berikut, untuk Kecamatan Waru Desa Tropodo sebanyak 485 KPM, Desa Tambak Rejo 810 KPM, Desa Tambak Sawah 346 KPM. Sedangkan di Kecamatan Sedati, Desa Pabean 290 KPM, Desa Sedati Gede 360 KPM, Desa Sedati Agung 330 KPM. (Yu/en/kominfo)

Selengkapnya
19 May 2024

Plt. Bupati Sidoarjo Mempunyai Atensi Tinggi Terhadap Perkembangan Olahraga di Sidoarjo

KOMINFO, Sidoarjo - Turnamen Kades Cup 2 Desa Tanggul resmi berakhir. Plt.Bupati Sidoarjo, Subandi berkesempatan menutup Turnamen Kades Cup 2 Wonoayu, Minggu (19/5), di Lapangan Desa Tanggul, Wonoayu.Menurut Subandi, turnamen seperti ini memberikan inspirasi, semangat kebersamaan dan kompetisi yang sehat.  Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi desa lain dalam membangun komunitas yang solid dan sportif."Kami selaku pimpinan daerah selalu mendorong warga Sidoarjo agar senantiasa rutin melakukan olahraga demi menjaga kesehatan fisik, selain itu untuk meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat," jelasnya. Kabupaten Sidoarjo sendiri sudah banyak tersedia fasilitas atau sarana prasana untuk berolahraga. Para warga hanya perlu menjaga, memelihara dan memanfaatkan fasilitas yang sudah di berikan oleh Pemerintah."Apabila fasilitasnya belum cukup atau ada yang perlu dibenahi silahkan sampaikan kepada kami agar kami bisa membantu", lanjutnya.Sementara itu, Kepala Desa Tanggul, Saiful Ahmadi menyampaikan bahwa turnamen kades cup rutin dilaksanakan setiap tahunnya, namun sempat vakum di tahun 2022. Kegiatan ini Kembali lagi dilaksanakan tahun 2023. Pendanaan dari swadaya masyarakat Desa Tanggul.Pelaksanaan turnamen kali ini sejak pertengahan bulan April lalu. Ada 16 tim yang mengikuti turnamen. Untuk grand final dilaksanakan sore ini antara tim Ortak FC melawan tim Ardigung FC, yang dimenangkan oleh tim ORTAK FC dari Krian dengan skor 1-0. "Turnamen ini sebenarnya terbuka untuk umum dengan rentang usia 45 - 50 th. Namun khusus untuk Kades Cup 2 kita batasin maksimal hanya 16 tim karena mempertimbangkan anggaran dan waktu pelaksanaan," ujarnya. (af/en/kominfo)

Selengkapnya
18 May 2024

BPKP Gelar Workshop Pengelolaan Dana Desa di Sidoarjo

KOMINFO, Sidoarjo - Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur menggelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2024 di Pendopo Delta Wibawa, Kabupaten Sidoarjo, Jumat  (17/5).Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Sidoarjo, Ainur Rahman yang mewakili Plt. Bupati Sidoarjo membuka kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa kegiatan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa menjadi momentum penting untuk berdiskusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa. Menurut Ainur, Pemerintah desa berperan penting sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Daerah. Desa menjadi unit terkecil dalam sebuah masyarakat yang dapat berinteraksi langsung dengan masyarakatnya. "Melalui dana desa yang tersedia diharapkan dapat tercipta pembangunan  desa dengan pengelolaan keuangan yang tepat dan sesuai dengan aturan-aturan yang ada" ujarnya.Sementara itu data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sidoarjo, besaran dana desa sejak tahun 2015 meningkat drastis 600 persen.Dana desa yang cukup besar tersebut telah dimanfaatkan sesuai amanat Undang - undang no.6 Tahun 2014. Pemanfaatan dana tersebut untuk mewujudkan desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis.Sejauh ini pemanfaatan dana desa untuk, penanganan kemiskinan ekstrim melalui bantuan dana BLT, ketahanan pangan, stunting dan permodalan untuk BUMdes. (aff/en/kominfo)

Selengkapnya
17 May 2024

Pemkab Sidoarjo Fasilitasi Kantor Sekretariat PPK

KOMINFO, Sidoarjo - KPU Kabupaten Sidoarjo tetapkan 90 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pilkada tahun 2024 ini.  Setiap kecamatan terdapat lima anggota PPK. Terdiri dari satu orang ketua merangkap anggota dibantu empat orang anggota. Anggota PPK Sidoarjo tersebut lantik Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mukhamad Iskak di Hotel Luminor Sidoarjo, Kamis malam, (16/5). Plt. Bupati Sidoarjo H. Subandi SH,M.Kn turut hadir menyaksikan pelantikan tersebut. Dalam sambutannya, Subandi mengucapkan selamat kepada 90 orang anggota PPK yang dilantik, serta memberi apresiasi yang tinggi."Panjenengan sebagai penyelenggara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati harus mampu membantu KPU Sidoarjo mensukseskan pemilihan kepala daerah," pesannya. Sebagai pimpinan daerah ia mensupport  kinerja PPK. Suppoert dalam bentuk fasilitasi kantor sekretariat PPK disetiap kecamatan. Dengan begitu anggota PPK akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. "Semua pirantinya sudah kita siapkan, termasuk anggarannya, juga nanti kesekretariatan yang ada di kecamatan," ujarnya Pada kesempatan tersebut, ia sangat menekankan untuk terus menjaga komunikasi dan koordinasi dengan seluruh pihak, baik dengan Pemkab Sidoarjo maupun seluruh unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada.  Hal itu penting demi kelancaran dan kesuksesan proses penyelenggaraan Pilkada. Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mukhamad Iskak mengatakan proses rekrutmen anggota PPK dilakukan secara transparan dan terbuka. Mulai dari pendaftaran sampai seluruh tes seleksi. "Yang perlu digaris bawahi adalah seluruh proses itu kita lakukan dengan transparan dan terbuka," ucapnya. Iskak bersyukur dukungan Pemkab Sidoarjo terhadap tahapan penyelenggaran Pilkada tahun ini. Seperti halnya dukungan fasilitasi tes PPK sampai pemeriksaan kesehatan gratis diberikan Pemkab Sidoarjo. "Seluruh proses yang hari ini kita lakukan, sampai pada pelantikan ini semua adalah fasilitasi Kabupaten Sidoarjo dengan baik," ujarnya. Menjadi penyelenggara Pemilu sangat berat. Anggota PPK harus netral, integritas dan profesionalitas harus dijaga. Keadilan dalam melayani seluruh kontestan politik harus dilakukan.  Begitu pula terhadap seluruh calon peserta Pilkada. PPK akan membantu KPU Sidoarjo mensukseskan Pilkada gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur sekaligus bupati dan wakil bupati Sidoarjo yang serentak dihelat tanggal 27 November 2024 mendatang. (Git/en/kominfo)

Selengkapnya
17 May 2024

Perumda Delta Tirta Sidoarjo Raih Sertifikat ISO 9001:2015, Bukti Kerja Keras Internal Yang Semakin Baik dan Solid

Kominfo, Sidoarjo - Perumda Delta Tirta Sidoarjo menorehkan prestasi gemilang dengan meraih sertifikat International Standard Organization (ISO) 9001:2015. Pencapaian ini menjadi bukti komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan air bersih berkualitas dan berstandar internasional kepada masyarakat.Seremoni penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 dilaksanakan pada Jumat, 17 Mei 2024. Hal ini menandakan pengakuan resmi bahwa Perumda Delta Tirta Sidoarjo telah menerapkan sistem manajemen mutu yang memenuhi standar internasional.Perolehan sertifikat itu merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh karyawan Perumda Delta Tirta Sidoarjo. Audit yang dilakukan pekan lalu menunjukkan bahwa perusahaan telah menyelesaikan penyempurnaan Standar Operasional Prosedur (SOP) di beberapa bagian untuk mendukung pelaksanaan operasional yang efektif dan efisien.Direktur Utama Perumda Delta Tirta Sidoarjo Dwi Hary Soeryadi mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. "Meraih sertifikat ISO 9001:2015 merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi kami untuk menjadikan Perumda Delta Tirta Sidoarjo sebagai perusahaan air bersih bertaraf internasional," ujarnya.Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perusahaan, baik secara internal maupun eksternal. Di sisi internal, sistem ini akan membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan, serta memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik.Di sisi eksternal, sertifikat ISO 9001:2015 akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan Perumda Delta Tirta Sidoarjo. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu memberikan pelayanan air bersih yang aman, sehat, dan terjangkau bagi masyarakat.Namun demikian, Dwi mengakui masih banyak yang perlu dibenahi. Terkait kualitas, kuantitas, dan kontinuitas layanan yang saat ini ada. Harapannya dengan telah didapatkannya sertifikat ISO ini akan menjadi lebih mudah di dalam mengurai permasalahan yang ada. Tentunya pelayanan kepada masyarakat akan menjadi semakin prima.Pada tahun ini, Perumda Delta Tirta Sidoarjo menerapkan sistem penilaian kinerja berbasis Key Performance Indicator (KPI). Hal itu bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh karyawan bekerja secara efektif dan mencapai target yang telah ditetapkan. Dwi menyebut, dengan berbagai langkah strategis ini, Perumda Delta Tirta Sidoarjo optimis dapat menjadi perusahaan air bersih yang unggul dan diakui secara internasional. Berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya dan memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Sidoarjo. (Ir)

Selengkapnya

Pengadaan Barang Jasa

Pengumuman

Agenda / Kegiatan

Visitors : 218414