Ke Berita

Wabup H. Subandi Sidak RTLH  Juru Kunci Makam Desa Dukuhsari

18 Aug 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo – Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH kembali mendapat laporan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari warganya. Bergegas ia tindak lanjuti laporan itu. RTLH itu milik pasangan suami istri/Pasutri, Mundari (75) dan Fatona (72) warga Dusun Tebuseren, Desa Dukuh Sari Kecamatan Jabon. Pagi tadi Wabup H. Subandi langsung Inspeksi Mendadak (Sidak) rumah pasangan Lansia tersebut, Jumat (18/8). Kedatangannya untuk memberikan bantuan bedah rumah.

Dari Sidaknya ia melihat kondisi rumah Mundari dan Fatona sangat memprihatinkan. Beberapa bagian rumah sudah rusak. Antara dapur, kamar tidur jadi satu dengan gudang barang – barang bekas. Pintu masuk rumah juga sudah tidak layak. Dikhawatirkan jika hujan kondisinya akan semakin parah kerusakannya.

“Bapak Kepala Desa Dukuh Sari, segera ditindak lanjuti bantuan bedah rumah ini. Semua persyaratan yang dibutuhkan segera diproses, agar bedah rumah segera terealisasi,” pintanya.

Ia menyampaikan bantuan bedah rumah ini senilai Rp. 20 Juta. Program tersebut dari Baznas Sidoarjo. Wabup H. Subandi juga memohon kepada kepala desa dan masyarakat untuk turut serta bergotong royong menyelesaikan bantuan bedah rumah bapak Mundari.

“Untuk Baznas Kabupaten Sidoarjo agar segera mengkaji besaran anggaran yang dibutuhkan untuk bedah rumah ini. Pihak desa juga harus berkoordinasi dengan Baznas agar bedah rumah segera terealisasi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu Wabup. H. Subandi didampingi anggota DPRD Sidoarjo, M. Rojik, Baznas Sidoarjo, Camat Jabon dan Kepala Desa Dukuhsari beserta jajarannya.

Menurut Kepala Desa Dukuh Sari, Ikhwan Widodo, Mundari ini pekerjaan sehari – harinya sebagai Juru Kunci Makam. Setiap hari hanya memunguti bunga kamboja yang jatuh, kemudian dikeringkan dan dijual per kilonya cuma Rp. 20 ribu.

"Penghasilan yang tidak menentu dan jauh dari UMR memang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, apalagi untuk merenovasi rumah," ucap Kades Dukuh Sari Ikhwan. (mas/git/kominfo)


Visitors : 84046