Ada Apa Di Sidoarjo

wisata

Sidoarjo adalah salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan beragam destinasi wisatanya. Mulai dari situs bersejarah yang berupa candi, taman luas untuk tempat bersantai, hingga taman bermain untuk segala umur dapat ditemukan di kota indah ini.

Pengunjung di sekitar Sidoarjo tak perlu jauh-jauh untuk menghabiskan waktu berlibur karena tempat wisatanya tergolong lengkap. Berikut enam tempat wisata di Sidoarjo yang cocok dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau teman.

Berikut Rekomendasi Tempat Wisata di Sidoarjo :

1. Candi Pari

Tak hanya museum, Kota Sidoarjo juga memiliki objek wisata sejarah yang menarik, salah satunya adalah Candi Pari. Candi ini dipercaya sebagai bagian dari pola Candi Kamer di Birma dan Candi Champa di Thailand. Sampai saat ini, Candi Pari masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi penganut agama Hindu. Kalian dapat mengunjungi Candi Pari yang terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Sidoarjo, setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

2. Pulau Sarinah


Salah satu destinasi yang menarik di Sidoarjo adalah Pulau Sarinah. Menariknya, pulau ini terbentuk di tengah kawah lumpur akibat bencana lumpur lapindo 12 tahun yang lalu. Meski begitu, pulau ini memiliki pemandangan eksotis yang tak kalah menakjubkan dengan pulau-pulau lainnya.

Berlokasi di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Pulau Sarinah kini mencakup luas sekitar 80 hektar. Dengan penanaman pohon bakau yang sudah dilakukan, pulau ini semakin asri dan nyaman untuk dikunjungi.

3. Air Jungle Waterpark


Air Jungle Waterpark adalah destinasi wisata air terbaru di Sidoarjo yang cocok untuk dikunjungi bersama anggota keluarga, terutama saat musim liburan. Dengan beragam wahana seru seperti ember raksasa, kolam ombak, seluncur air, dan lainnya, wisata ini menawarkan keseruan yang tak terlupakan. Harga tiket masuk yang terjangkau, yakni Rp15.000, membuatnya semakin menarik bagi pengunjung. Air Jungle Waterpark berlokasi di Desa Ketegan, Kecamatan Tangulangin, dan mudah dijangkau dari pusat kota.

4. Museum Mpu Tantular



Di sini, ada banyak benda peninggalam sejarah. Mulai dari arca, lukisan, serta koleksi batik dari berbagai daerah.

Ada juga berbagai penemuan di masa lalu, seperti sepeda kayu hingga sepeda motor uap.

Alamat museum ini adalah di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 hingga 15.00, tutup setiap hari Senin. Harga tiket masuknya Rp5.000 saja.

5. Monumen Jayandaru


Destinasi wisata Sidoarjo lainnya yang wajib dikunjungi adalah Monumen Jayandaru.

Dengan desain yang unik, monumen ini menjadi tempat wisata yang sedang hits saat ini.

Monumen Jayandaru memiliki tinggi sekitar 25 meter, dengan berbagai ornamen yang mencerminkan kearifan lokal masyarakat Sidoarjo.

Lokasinya pun sangat strategis, yaitu di dekat alun-alun Sidoarjo.

Monumen ini buka 24 jam, sehingga Moms bisa mengunjunginya di jam berapa saja.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di malam hari. Ketika banyak lampu hias taman yang menyala dengan indah.

Monumen Jayandaru berlokasi di Jl. Jenggolo No. 21, Sidokumpul, Sidoarjo, Jawa Timur. Tiket masuknya gratis, lho!

Sidoarjo City Tour

Visitors : 215811