Ke Berita

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajak Ratusan Pelajar Kader Kesehatan Remaja Cegah Stunting

14 Nov 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengajak ratusan Kader Kesehatan Remaja se Kabupaten Sidoarjo tersebut bergerak bersama-sama pemerintah dalam pencegahan kasus stunting. Mereka diundang pada acara Talkshow Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun 2023 dengan tema "Remaja glowing bebas stunting" di pendopo Delta Wibawa, Selasa, (14/11). Kegiatan tersebut menghadirkan 600 pelajar dari SMA/SMK yang menjadi Kader Kesehatan Remaja di sekolahnya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan, bahwa dari 2 juta penduduk Sidoarjo, 1,4 jt orang usia produktif. Atau 72 persen penduduk Sidoarjo sebagaian besar remaja. Disampaikannya Indonesia pada tahun 2030 mengalami puncak bonus demografi. Menurutnya itu akan menjadi bencana kalau bonus demografi di isi oleh anak muda yang tidak berkualitas atau anak muda yang stunting atau gizinya buruk.

“Gizi buruk itu tidak ditentukan oleh kaya atau miskin, tetapi juga ditentukan oleh pola hidup,”ucapnya.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu menambahkan, hampir lebih dari 51 persen pemudi menderita anemia atau kurang darah. Kebiasaan jelek selama ini menjadi salah satu penyebabnya. Salah satunya tidak membiasakan sarapan atau makan pagi sebelum berangkat beraktivitas. Hampir 65 persen pemuda pemudi yang memiliki kebiasaan seperti ini.

“Dan 93 persen pemuda pemudi tidak suka sayur dan buah-buahan dan 33 persen pemuda pemudi tidak memiliki aktivitas fisik yang mencukupi tetapi sebagaian besar pemuda pemudi menkonsumsi gula, garam dan lemak yang berlebihan,”ujarnya.

Oleh karenanya ia meminta pemuda pemudi Sidoarjo dapat menjalankan pola hidup yang sehat. Dikatakannya dukungan generasi muda sangat dibutuhkannya dalam pembangunan. Pasalnya mereka menjadi salah satu penguat pembangunan.

“Kabupaten yang kuat juga didorong oleh pemuda yang kuat dan pemuda yang kuat ditentukkan oleh pola hidupnya sendiri,”ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Gus Muhdlor juga memberikan sertifikat penghargaan kepada kader kesehatan yang telah mengabdi selama 40 tahun bagi pembangunan kesehatan di Kabupaten Sidoarjo. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan. Dalam kegiatan tersebut juga diserahkannya juga hadiah lomba Dance Competition dan lomba konten creator edukatif dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2023. (git/Ir)

Visitors : 168326