Ke Berita

Ning Sasha Gelorakan Germas Dengan Menjaga Hidup Sehat

25 Oct 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo - Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo, Hj. Sa`adah Ahmad Muhdlor gelorakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sedini mungkin supaya masyarakat di Kabupaten Sidoarjo terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

"Masyarakat harus memulai sedini mungkin pemeriksaan terhadap kesehatannya masing-masing, jangan sampai ada penyakit yang tidak diinginkan sepeti yang saat ini viral di Jakarta yaitu penyakit cacar monyet," ucap Ning Sasha sapaan akrabnya di sela kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo pada Rabu (25/10/2023).

Ia meminta kepada masyarakat supaya menjaga lingkungan tetap bersih salah satunya dengan tidak buang sampah sembarangan.

"Kami mendorong kepada masyarakat bagaimana mengelola sampah menjadi lebih bermanfaat, kebetulan Sidoarjo sedang diadakan lomba Sido Resik yaitu cara merubah sungai tidak hanya menjadi fungsi air mengalir saja, namun juga memjadi nilai wisata lokal di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Ning Sasha juga menambahkan bentuk menjaga kebersihan lainnya yaitu dengan membawa kantong plastik dimanapun mereka berada.

"Negara maju itu tidak ada tempat sampah tetapi mengurangi sampah dengan cara membuang sampahnya sendiri, karena diyakini jika banyak sampah di tempat umum akan menimbulkan bau," tutupnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati dalam kesempatan itu menjelaskan tentang kesehatan jiwa di Kabupaten Sidoarjo.

"Saat ini di Kabupaten Sidoarjo sudah memiliki 23 posyandu kesehatan jiwa yg tersebar di 14  puskesmas," jelasnya.

Ia menambahkan, beberapa upaya untuk menangani masalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yaitu dengan pelayanan kesehatan jiwa sesuai standar pada ODGJ berat seperti pemantauan, pemberian obat dan konseling.

"Penanganan kasus kesehatan jiwa melalui rujukan ke rumah sakit atau spesialis. Kunjungan rumah pasien jiwa serta beberapa inovasi yaitu program kesehatan jiwa di pusksesmas," pungkasnya. (Dew)


Visitors : 219768