Ke Berita

Warungnya Direnovasi, Ibu Ngatemah dan Satuni Ucapkan Terima kasih ke Bupati Sidoarjo

23 Oct 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo - Senin, (23/10/2023). Keceriaan dan kebanggaan menyelimuti Ibu Ngatemah, warga Dusun Duran, Desa Karangpuri, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Warung kecil miliknya, yang telah menjadi penyangga keluarganya selama bertahun-tahun, kini menjalani renovasi gemilang yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Dari yang kurang menarik, sekarang sangat menarik. Lantai yang sebelumnya berubin semen, disulap menjadi lantai keramik berwarna putih bersih. Begitu pula dindingnya yang kusam menjadi tampak cantik, dengan warna cat kuning dipadu hijau dan biru menambah kecerahan warung makan tersebut.

"Maturnuwun Pak Bupati warung kulo pun dibenak aken (terimakasih Pak Bupati, warung saya sudah direnovasi),"ucapnya gembira dengan senyuman merekah.

Menurutnya, program tersebut adalah suatu berkah yang datang kepada dirinya. Tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba ia ditawari warungnya direnovasi. Tanpa berpikir panjang, ia persilahkan warung yang berukuran 3,5x5,5 meter tersebut untuk direnovasi.

"Ini (menunjuk pendamping program warung rakyat direnovasi) ujug-ujug ndugi mriki nawari renovasi warung kulo, kulo ngeh kaget ngeh seneng (tiba-tiba datang kesini menawari renovasi warung saya, saya ya senang)," jelasnya.

Terpisah, kegembiraan juga terpancar di raut wajah Ibu Satuni, pemilik warung Berkah Mak Tuni Dusun Melati, Desa Jeruklegi, Kecamatan Balongbendo. Warungnya yang berukuran 3x6 meter itu mendapatkan bantuan renovasi dari Pemkab Sidoarjo. Seluruh lantai warungnya dikeramik. Dindingnya pun dicat dengan warna yang sama dengan seluruh penerima manfaat program 2.000 warung rakyat direnovasi.

"Kulo remen, mantun dikabari warung kulo kajenge direnovasi, kulo mboten saged tilem, sewengi mboten tilem resik-resik warung  (saya senang, setelah mendapat kabar kalau warung saya mau direnovasi, semalam saya tidak bisa tidur hanya bersih-bersih warung),"ucapnya yang disambut tawa oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Mohamad Edi Kurniadi yang saat itu datang mengecek pengerjaan program tersebut.

Dikatakannya, bahwa sebenarnya ada keinginan untuk pasang keramik warungnya. Namun, niatnya urung karena biaya setelah sang suami meninggal dunia setahun lalu. Otomatis perekonomian keluarganya berkurang.

"Sakjane kepengin ngeramik, nanging damel nedo mawon pas-pas an (sebenarnya ingin pasang keramik, namun buat makan saja kadang susah),"ujar Satuni yang membuka warung sejak 5 tahun lalu.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menanggapi kebutuhan ini dengan memberikan bantuan dalam bentuk renovasi warung.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Mohamad Edi Kurniadi mengatakan bahwa inisiatif ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mendukung usaha kecil dan menengah (UKM).

"Kami ingin memastikan bahwa UKM lokal mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang," katanya.

Renovasi warung ini adalah contoh konkret dari bagaimana dukungan Pemkab Sidoarjo membantu memajukan UKM dan meningkatkan kualitas hidup warga setempat. (Git/Ir)


Visitors : 168265