Ke Berita

Wabup H. Subandi Pesan Untuk Guyub Rukun Membangun Desa

17 Sep 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo ‐ Wabup H. Subandi SH hadir dalam ruwah Desa Semampir Kecamatan Sedati kemarin malam, Minggu, (17/9). Tradisi syukuran itu ditutup dengan pagelaran wayang kulit dan campursari di balai Desa Semampir. Dalang Ki Suromo Gondo Taruno diundang untuk mementaskan Lakon Wahyu Purbo Sejati. Sehari sebelumnya digelar istiqosah dan doa bersama warga Desa Semampir.

Dalam kesempatan itu Wabup H. Subandi menitipkan beberapa pesannya. Diantaranya untuk guyub rukun dalam membangun desa. Masyarakat harus mendukung pembangunan desa. Sebaliknya pemerintah desa harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakatnya. Jika dua hal itu dilakukan, ia yakin pembangunan suatu daerah akan berjalan baik. Daerahnya makmur, masyarakatnya sejahtera. Muaranya pembangunan Kabupaten Sidoarjo akan semakin maju.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah Desa Semampir beserta perangkatnya dan BPD nya yang telah menjalankan pemerintahannya dengan baik, semoga Allah menjadikan Desa Semampir desa yang makmur, masyarakatkan adem ayem (sejuk, tenang tentram)," doanya yang serentak diamini seluruh warga Desa Semampir yang hadir menyaksikan wayang kulit Jawa Timuran itu.

Dalam kesempatan itu Wabup H. Subandi juga menitipkan pesan kepada seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Sedati yang saat itu juga hadir. Ia berpesan untuk menjaga amanah sebagai seorang pemimpin. Ia meminta amanah sebagai kepala desa dapat diembannya dengan penuh tanggung jawab. Salah satunya amanah dalam pengelolaan anggaran desa bagi pembangunan desanya. Bila amanah itu dijaga, ia yakin desa akan semakin maju dan masyarakatnya sejahtera. Untuk itu ia mewanti-wanti untuk tidak bermain anggaran. Memperkaya diri dengan bermain proyek lewat anggaran pembangunan daerah.

"Ayo kita kelola anggaran dengan amanah, bukan hanya bupati maupun wakil bupati namun juga kepada seluruh kepala desa harus benar-benar amanah dalam membangun daerahnya untuk menjadikan lebih maju," ucapnya.

Wabup H. Subandi juga mengingatkan untuk hati-hati dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala desa. Hindari prilaku koruptif. Kades harus menjalankan tugasnya sesuai kewenangannya. Tidak boleh menyimpang. Bila tidak, jeruji besi akan mengintai. Pun dengan segala pemberian. Wabup pesan untuk tidak mudah menerima pemberian dari siapapun. Pasalnya dapat dikategorikan sebagai gratifikasi.

"Saya doakan pejabat Sidoarjo, pak camat maupun kepala desa mudah-mudahan dijauhkan dari segala kejahatan dalam memimpin wilayahnya," doanya

Sementara itu Kades Semampir Lukman Mualim mengatakan bahwa kegitan ruwah desa sebagai agenda rutin tahunan. Kegiatan itu bentuk ucapan syukur kepada Allah SWT. Selain itu sebagai ikthiar untuk mencegah bencana. Kegiatannya bermacam-macam. Mulai dari istiqosah dan doa bersama serta pagelaran wayang kulit. Setelah itu dilanjutkan dengan sholawat bersama.

"Ini acara puncak (wayang kulit), kemarin sudah dilakukan istiqosah dan doa bersama, malam ini wayangan dalam rangka sedekah desa biar berkah desanya, biar dijauhkan bala bahaya, sepuluh hari lagi ada sholawat bersama dimasjid Desa Semampir," ucapnya. Git


Visitors : 235048