Ke Berita

Prihatin Kondisi Rumah Nirah, Wabup Subandi Ajukan Bantuan RTLH ke Baznas

24 Aug 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo – Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi Kembali turba (turun bawah) tilik warga terkait bedah rumah di Desa Grinting , Kecamatan Tulangan, Kamis (24/8). Lokasi turba di RT 4 RW 3 , rumah ibu Nirah (71).

 

“Saya prihatin melihat kondisi rumahnya memprihatinkan, yang punya rumah usianya sudah sepuh, tinggal dengan anaknya yang juga sudah usia lanjut, apalagi rumahnya kemarin roboh. Harus segera kita upayakan untuk perbaikannya,” ungkapnya.

 

Menurutnya, secara fisik bangunan rumahnya sudah tembok semua, hanya kondisinya sudah usang. Atap rumah sudah banyak yang rapuh. Genting bagian depan sudah tidak ada. Kalau terjadi hujan bocor semua, dalam rumah tidak ada plavon. Atap teras rumah dari seng kondisi sudah miring dan kayu penyangga juga rapuh.

 

“Harus segera kita upayakan untuk bantuannya, kita koordinasikan dengan Baznas untuk mendapat bantuan bedah rumah senilai Rp. 20 juta. Jika nanti kurang pak kades mohon diupayakan Bersama, saling bergotong rotong,” jelasnya.

 

Ia juga menjelaskan bahwa bantuan Rumah Tidak layak Huni (RTLH), akan terus digulirkan oleh Pemda. Dimana tujuan dari program stimulan bedah rumah ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar memiliki rumah yang layak huni.

 

Bedah rumah ini sebagai upaya Pemkab Sidoarjo dalam mempercepat Penurunan Kemiskinan Ekstrem (PKE), melalui peningkatan kualitas rumah layak huni. Oleh karena itu, program bedah rumah ini terus digulirkan oleh Pemkab Sidoarjo. Ketika ada pelaporan dari desa, ada warga tidak mampu dan rumah tidak layak segera kita respon cepat.

 

Selain diusulkan untuk bedah, Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo yag turut mendampingi turba memberikan bantuan sembako. (eny/kominfo)



Visitors : 233361