Ke Berita

Berhasil Bangkitkan Usaha Kecil dan Koperasi, Gus Muhdlor Raih Penghargaan Jasa Bakti dari Kemenkop UKM

16 Aug 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo - Dinilai berjasa dalam memajukan koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali diganjar penghargaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Penghargaan diserahkan di Jogjakarta pada Sabtu (12/8). Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor yang berhalangan hadir diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Edi Kurniadi.

Jasa Bakti tersebut sebagai bentuk apresiasi atas jasa dan dharmabaktinya Gus Muhdlor panggilan akrab Bupati Sidoarjo dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan koperasi dan usaha kecil menengah di Kabupaten Sidoarjo. Melalui berbagai inisiatif dan kinerja progresif, seperti pelatihan, pendampingan, akses permodalan, dan fasilitasi pasar telah memberikan kontribusi nyata dalam memajukan kedua sektor tersebut.

Gus Muhdlor mengungkapkan rasa syukurnya atas apresiasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia kepada Kabupaten Sidoarjo.

"Saya ucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan kepada saya dan untuk Sidoarjo. Hal ini tak lepas dari upaya semua pihak khususnya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo yang ikut mendukung semua program untuk memajukan ekonomi lokal melalui pemberdayaan koperasi serta usaha kecil menengah," kata Gus Muhdlor usai membuka pelatihan menjahit di Kecamatan Candi. Selasa, (15/8/2023).

Penghargaan Jasa Bakti dalam Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah merupakan penghargaan bergengsi dan menjadi bukti bentuk komitmen Gus Muhdlor dalam memajukan sektor ekonomi kerakyatan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Edi Kurniadi mengatakan penilaian untuk penghargaan ini telah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Dengan kriteria diantaranya profil bupati, program prioritas bupati, rencana ke depan, kiprah bupati, kegiatan dinas koperasi dan usaha mikro.

"Selain beberapa kriteria tersebut, kami juga di wawancarai oleh pihak Kementerian. Penghargaan ini diberikan untuk Gubernur yaitu diterima oleh Gubernur Bali. Sedangkan untuk kategori kepala daerah diambil 4 yang mendapatkan penghargaan. Yaitu, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), sedangkan sisanya penghargaan untuk koperasi,"  jelasnya.

Edi juga menambahkan, kepedulian Bupati Sidoarjo yang menjadikan koperasi tumbuh pesat serta usaha mikro kecil menengah di Sidoarjo menjadi mandiri sehingga Bupati Sidoarjo berhak mendapatkan penghargaan ini.

"Nantinya kami juga ikut penghargaan satyalencana wira karya. Kedepan, Kabupaten Sidoarjo akan tetap fokus pada perkembangan koperasi dan UMKM," tegas Edi.

Sebelumnya, pada 24 Juli 2023 Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali juga dinobatkan sebagai tokoh pembina koperasi pada Gebyar Puncak Acara Peringatan Hari Koperasi Indonesia ke-76 dari Dewan Koperasi Indonesia Wilayah  Provinsi Jawa Timur. (Dew/Ir)

Visitors : 200459