Ke Berita

Dorong Peningkatan Ekonomi Keluarga, TP.PKK Sidoarjo Latih Kadernya Bentuk Koperasi Poksus UP2K-PKK

14 Aug 2023 | Author's name

KOMINFO, SIDOARJO - TP.PKK Kabupaten Sidoarjo tak henti-hentinya meningkatkan pengetahuan dan skill para Kader PKK dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam hal meningkatkan perekonomian dan pendapatan  keluarga. Kali ini organisasi yang dipimpin Hj. Sa`adah Ahmad Muhdlor S.Hum itu menggelar  Pelatihan Mendorong Pembentukan Koperasi oleh Kelompok Khusus/Poksus Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga/UP2K-PKK yang ada di Desa/Kelurahan. Kegiatan diselenggarakan di kantor Kecamatan Sukodono, Senin 14/08/2023.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 200 orang anggota PKK. Mereka berasal dari TP.PKK Kecamatan Sukodono, TP PKK Desa se Kecamatan Sukodono dan  Perwakilan Kelompok UP2K-PKK di wilayah Kecamatan Sukodono serta  beberapa Pengurus TP.PKK  Kabupaten Sidoarjo khususnya yang membidangi di Pokja II. UP2K PKK sendiri merupakan segala kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga. Modalnya berasal dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah swasta serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat. UP2K-PKK  ditingkat rumah tangga merupakan pilihan dan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi.

Ketua Bidang II Ny. Sudarwanti Tirto Adi dalam sambutannya mengatakan bahwa UP2K-PKK ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kesejahteraan keluarga. Dengan kegiatan ini diharapkan kelompok khusus UP2K-PKK mampu mengembangkan usaha dalam upaya memperbaiki ekonomi keluarga melalui pembentukan Koperasi. Dikatakannya perempuan memiliki peran penting dalam keluarga. Ia percaya prempuan memiliki potensi besar yang dapat digali guna meningkatkan keterampilan masyarakat. Peran tersebut akan menumbuhkan dan mengembangkan berbagai sendi-sendi perekonomian baik mikro maupun makro.

"Saya berharap pelatihan ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi seluruh peserta yang hadir pada kegiatan ini, semoga dengan bertambahnya wawasan kita, Poksus UP2K PKK yang kita kelola dapat lebih maju dan berkembang, semangat buat perempuan hebat di Kabupaten Sidoarjo dalam menyokong penguatan ekonomi keluarga yang tangguh," ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut TP.PKK Sidoarjo menghadirkan narasumber yang sudah terbukti berhasil dalam mendirikan dan mengelolah usaha mulai dari kecil hingga berkembang. Ia adalah Muh. Zakaria Dimas yang merupakan pelaku UMKM Sidoarjo. Selain itu juga dihadirkan narasumber dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Kalih Nurrohman. yu/git


Visitors : 236369