Ke Berita

Bupati Gus Muhdlor Bangga Antusias Warganya Ikuti Pawai Ta`aruf Peringatan 1 Muharram 1445 H

22 Jul 2023 | Author's name

KOMINFO, SIDOARJO - Pawai Ta`aruf  dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H di Desa Siwalanpaji disambut meriah warganya, Sabtu malam 22/07/2023. Kemeriahannya semakin lengkap dengan kedatangan Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor, S.IP untuk memberangkatkan pawai ta`aruf didepan Balai Desa Siwalan Panji tersebut. Dalam kesempatan itu hadir Camat Buduran Syamsurijal, Camat Sidoarjo Gundari serta Kepala Desa Siwalan Panji Achmad Choiron dan para tokoh agama, tokoh masyarakat Desa Siwalanpanji.

Bupati H. Ahmad Muhdlor atau yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengucapkan terima kasih kepada semua panitia yang telah mensukseskan Pawai  Ta`aruf 1 Muharram 1445 H Desa Siwalanpanji tersebut. Terlebih kepada Karang Taruna IPNU-IPPNU, Remaja Masjid yang sudah menyemarakkan tahun baru Islam kali ini.

"Saat pertama hadir pada acara ini, saya sangat bahagia sekali menyaksikan antusias  semua warga dalam memeriahkan moment ini, mungkin desa Siwalanpanji adalah satu-satunya desa yang mengadakan kegiatan peringatan 1 Muharram semeriah ini," ucapnya.

Gus Muhdlor berharap semangat memeriahkan tahun baru Islam seperti ini tetap dijaga di tahun-tahun selanjutnya. Menurutnya perayaan tahun baru Islam menjadi salah satu syiar agama yang harus terus dilakukan. Oleh karenanya ia meminta umat Islam tidak lupa tahun barunya.

"Semoga majelis yang baik ini dicatat oleh Allah sebagai kebaikan dan pahala untuk menyiarkan agama dan semoga di majelis yang baik ini  menjadikan Desa Siwalanoanji menjadi desa yang lebih Islami, guyub rukun sak lawase," ucapnya.

Gus Muhdlor mengatakan pawai ta`aruf seperti ini akan memperkuat kerukunan warga. Keguyuban seperti ini harus terus dijaga. Menurutnya jika warga guyub, rukun dan kompak, ia yakin pembangunan akan berjalan dengan baik.

"Saya yakin ini merupakan satu-satunya desa yang kompak dalam menyemarakkan pawai semeriah ini," pesannya

Sementara itu kepala Desa Siwalan Panji Achmad Choiron menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Siwalanpanji yang telah bersama-sama menyemarakkan agenda tahunan Desa Siwalanpanji dalam memperingati Tahun Baru Islam dengan menggelar Pawai Ta`aruf 1 Muharram 1445 H pada tahun ini.

"Terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir pada malam hari ini, semoga apa yang kita lakukan ini nanti akan menjadi amalan kita dan semoga kita akan dipertemukan kembali di tahun yang akan datang dengan suasana yang lebih meriah lagi dalam keadaan sehat wal afiat," katanya.

Pada pawai ta`aruf kali ini start dan finish dilakukan ditempat yang sama yakni depan balai Desa Siwalanpanji. Rutenya mengelilingi desa. Peserta yang ikut sebanyak 27 kelompok berasal dari RA/TK/BA, MITPQ/MADIN, SMP/MTs,MA/SMK, Majelis Taklim, Pondok Pesantren serta masyarakat umum. Pada pemberangkatannya diiringi sholawat nabi. Iring-iringan peserta yang menyuguhkan berbagai macam kretivitas mulai dari tumpeng makanan ringan sampai miniatur masjid ditampilkan. Yu/git


Visitors : 200499