Ke Berita

Gus Muhdlor: Pentingnya Keterlibatan Masyarakat Dalam Mewujudkan Pembangunan yang Berkesinambungan

7 Jul 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo - Pentingnya keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan Kabupaten Sidoarjo yang sustainable (berkesinambungan). Pembangunan yang berorientasi pada skala prioritas kebutuhan sehingga penggunaan APBD bisa dibelanjakan dengan efektif. Mulai dari pembangunan desa sampai pembangunan di wilayah kabupaten. Pernyataan itu disampaikan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat menggelar dialog terbuka dengan masyarakat Kecamatan Candi. Jum`at Malam, (7/7/2023).


Keterlibatan tersebut diantaranya melalui peran aktif masyarakat, sinergi, memberikan ide, saran, melalui Musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) dan selanjutnya mendukung dan mengawal hasil dari musrenbangdes tersebut.


Acara yang digelar di Balai Desa Jambangan, Kecamatan Candi itu dihadiri tidak kurang dari seratus orang. Yang hadir diantaranya dari perangkat desa serta ketua RT RW dan BPD berasal dari lima desa di wilayah Kecamatan Candi. Yakni Desa Jambangan, Sepande, Sidodadi, Durungbedug dan Desa Durungbanjar. 


Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengatakan majunya tidaknya pembangunan Kabupaten Sidoarjo tidak bisa hanya mengandalkan bupatinya saja. Namun dibutuhkan dukungan semua pihak. Semisal dukungan RT RW serta lembaga desa lainnya. Dan juga masyarakatnya sendiri. 


"Bupati sendirian tidak mampu membangun Kabupaten Sidoarjo, bupati harus dibantu semua stakeholder mulai dari bawah, dari RT, RW, Kades, Camat, Kadis dan seluruh masyarakat Sidoarjo," ujarnya. 


Oleh karenanya Gus Muhdlor berharap keterlibatan RT RW dalam pembangunan dapat diperkuat. Begitu pula kekompakan mendukung pembangunan Sidoarjo. Ia yakin tugas berat akan terasa ringan jika dilakukan bersama. Tentunya juga selaras dalam pembangunan. 


"Menjalankan program pembangunan akan lebih efektif jika RT maupun RW dalam satu langkah, derap langkahnya sama, visinya sama dalam langkah pembangunan," sampainya. 


Gus Muhdlor berharap kerjasama yang baik selama ini dapat terus dijaga. Antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa serta masyarakat diharapkan dapat mewujudkan pembangunan Kabupaten Sidoarjo yang lebih baik. Langkah awalnya dengan menyeragamkan rencana pembangunan ditingkat daerah dengan desa. Ada keseragaman program pembangunan mulai tingkat kabupaten hingga desa. Dengan begitu ia yakin percepatan pembangunan dapat dicapai. 


"Kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan desa dan masyarakat sangat penting untuk mencapai kemajuan dalam pembangunan," ucapnya. (Git/Ir)


Visitors : 219366