Peringati Jadi ke 164 Kabupaten Sidoarjo dengan Jatim Ampuh 2023.

ampuh2.jpg

KOMINFO, SIDOARJO - Dalam rangkaian memperingati hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke 164 tahun 2023 yang mengambil tema "Bergerak Serentak Maju Bersama" dengan bekerja sama dengan JTV menggelar "Jatim ampuh 2023" yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H. Sabtu malam, 21/01/2023, di Alun-alun Sidoarjo.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama media dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang berbasis kepada kegiatan pemulihan dan peningkatan ekonomi serta penguatan budaya lokal setempat. Selain itu melalui kegiatan tersebut diharapkab mampu meningkatkan kompetensi masyarakat untuk berkontribusi membangun daerah.

Selama kurang lebih sepekan yang dimulai dari 21 s/d 29 Januari 2023, masyarakat Sidoarjo bisa menikmati berbagai macam acara. Diantaranya pasar kuliner UMKM dan produk unggulan, aneka kompetensi, mengaji bareng Gus Miftah, Fun Bike BPPD Kabupaten Sidoarjo, pertunjukan musik Banjari dan pertunjukan semar mesem.

Wakil Bupati yang hadir bersama Letkol. Inf. Masarum Jati Laksono Dandim 0816 Sidoarjo dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan kali ini. Menurutnya kegiatan peringatan Hari Jadi ke 164 Kabupaten Sidoarjo malam hari ini cukup luar biasa. Pemkab Sidoarjo bersama media JTV dapat menyelenggarakan kegiatan yang akan membangkitkan perekonomian Sidoarjo melalui kegiatan pameran UMKM yang ada.

ampuh2.jpg

"Tentu kita sebagai pimpinan daerah terus berusaha mendorong UMKM yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Sidoarjo adalah Kabupaten yang luar biasa dengan memiliki warga yang kurang lebih dari 2 juta penduduk dan kita juga memiliki industri yang cukup banyak tentu tidak salah jika UMKM yang ada di Sidoarjo tertinggi di Jawa Timur.  Oleh karena itu saya selaku Pimpinan Daerah akan terus memberikan dukungan dan support," ucapnya.

H. Subandi juga menambahkan pemerintah telah banyak memberikan bantuan akibat dari musibah Covid dalam meningkatkan ekonomi yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya bantuan hibah "Kurma" yang merupakan program kredit ringan bagi UMKM yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Menurutnya ini cara yang cukup luar biasa bagi pimpinan daerah untuk mencari cara pemulihan ekonomi yang dilakukan. Dikatakannya pemulihan perekonomian dapat dimulai dengan memajukan UMKM. Pemerintah Daerah, Camat juga Lurah/Kepala Desa bersama-sama mendorong UMKM Sidoarjo untuk pulih kembali. UMKM diharapkan mampu beradaptasi di era digitalisasi saat ini. Pemasaran lewat online harus dilakukan. Ia meminta ada pendampingan dari OPD terkait agar para pelaku UMKM melek teknologi.

"Kami mengharapkan marketplacenya dari UMKM ini perlu terus dikawal, jangan sampai dengan era digitalisasi ini kita sampai tertinggal, Pemerintah akan terus mendorong di mana digitalisasi untuk UMKM di Kabupaten Sidoarjo ini harus jalan, saya harapkan Dinas Koperasi memberikan pendampingan secara maksimal karena dengan pendampingan yang maksimal untuk UMKM yang ada di Kabupaten Sidoarjo akan terus meningkat," ujarnya.

Sementara itu Direktur JTV Abdul Rohim menyampaikan kehadiran JTV di tengah-tengah masyarakat Sidoarjo menjadi bagian dari memeriahkan Hari Jadi ke 164 Kabupaten Sidoarjo. Dikatakannya moment peringatan hari jadi ini akan memberikan dampak positif bagi seluruh warga Sidoarjo karena JTV memiliki pemirsa yang paling banyak dari Kabupaten Sidoarjo.

"Menurut sebuah survey setiap acara yang kami selenggarakan ditonton oleh warga Sidoarjo sekitar kurang lebih 900.000 pemirsa sehingga kami sangat bangga untuk terlibat dan bekerja keras agar setiap acara yang ada di Kabupaten Sidoarjo juga bisa diselenggarakan dengan sukses dimana JTV khususnya dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 164 Kabupaten Sidoarjo bisa terselenggara dengan lancar sukses dan membuat seluruh warga Sidoarjo menjadi warga yang sejahtera," katanya. (yu/git/kom)

Posted in "Berita"