LPK Diminta Didik Mental Siswanya

lpk3.jpg

KOMINFO, Sidoarjo - Puluhan Lembaga Pelatihan Kerja/LPK yang ada di Kabupaten Sidoarjo mendapat Bimbingan Teknis/Bimtek Tata Kelola dari Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo, Selasa (8/6). Kegiatan yang diselenggarakan di kantor Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo dibuka Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP. Dalam pembukaannya juga dihadiri Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman.

 

 

Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali berharap melalui pelatihan seperti ini tata kelola LPK kedepan akan lebih maju lagi. Selain itu kualitas serta pelayanan yang diberikan LPK yang ada akan semakin meningkat. Dengan begitu akan menciptakan tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang mumpuni.

 

 

"Saya mohon lewat Bimtek Tata Kelola ini kualitas LPK ini meningkat, pelayanannya juga bagus, tata kelola internnya juga bagus, menghasilkan instruktur-instruktur yang mumpuni sehingga ujungnya Sidoarjo mencetak pahlawan-pahlawan baru dibidang ketenagakerjaan yang bisa membuat Sidoarjo lebih baik lagi," ucapnya.

lpk2.jpg

 

 

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali juga berharap ada persamaan persepsi terkait kompetensi yang diberikan LPK. Ada kesesuaian pelatihan dengan kebutuhan SDM perusahaan. Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor tersebut melihat ada beberapa LPK yang memberikan pelatihan namun kompetensi yang dihasilkan tidak dibutuhkan dunia industri.

 

 

"Kami melihat beberapa BLK termasuk LPK ini dalam tanda kutip kurang menyentuh, tidak sesuai apa yang dibutuhkan industri di Sidoarjo," ucapnya.

 

 

Gus Muhdlor juga meminta agar LPK yang ada tidak hanya memberikan pelatihan kerja saja. Pelatihan membangun karakter siswa didiknya diharapkan juga dilakukannya. Menurutnya hal itu tidak kalah pentingnya. Bagaimana membangun mental pekerja agar survive dalam dunia kerja dapat dicapai melalui pelatihan karakter.

 

 

"Ini penting kedepan, pelatihannya kedepan bukan hanya membangun kompetensi tapi jiwanya, karakternya, karakter survival ini yang kurang di Sidoarjo," ucapnya.

lpk1.jpg

 

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo, Feny Apridawati mengatakan saat ini ada 70 LPK yang berdiri di Kabupaten Sidoarjo. Termasuk juga BLK LN maupun BLK Komunitas. Dirinya mengatakan kedepan BLK Komunitas akan banyak dibangun di Kabupaten Sidoarjo. Dikatakannya melaui LPK BLK seperti ini menjadi harapan mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali dan H. Subandi menciptakan 100 ribu lapangan pekerjaan baru.

 

 

"Ini merupakan harapan yang paling luar biasa untuk Kabupaten Sidoarjo dalam rangka mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati untuk menciptakan seratus ribu lapangan kerja baru," ucapnya.

 

 

Dikatakannya, setiap tahun Bimtek seperti ini dilakukannya. Tujuannya memberikan pengetahuan dalam mengelola suatu lembaga pelatihan kerja. Feny meminta ada output dari pelatihan yang dilakukannya. Semisal feedback data setiap akhir semester yang dilaporkan kepada instansinya. Dirinya ingin mengetahui berapa jumlah siswa yang dilatih serta berapa siswa yang telah ditempatkan bekerja oleh LPK.

 

 

"Andaikata nanti ada siswa atau lulusan dari LPK panjenengan semua mengalami kejadian semisal keluar kerja kami juga diberi informasi sehingga kami nanti bisa menindaklanjuti," ujarnya. (sigit/kominfo)

Posted in "Berita"